Tommaso Maestrelli Sang ‘Maestro‘ Lazio

67maestrellic.jpg Tommaso Maestrelli identik dengan kejayaan Lazio di era 70an, saat klub dari Ibukota Italia itu meraih scudetto pertama kalinya musim 1973-1974. Maestelli lahir di Pisa, 7 Oktober 1922 memulai karir sepakbolanya sebagai pemain di klub Bari pada tahun 1938.
Yang uniknya Maestrelli pernah juga berseragam AS Roma ketika menjadi pemain tahun 1948 sampai 1951. Tapi nama Maestrelli lebih dikenal publik Italia sebagai pelatih yang mengantarkan Lazio menjadi scudetto tahun 1974.
Karir pelatih Maestrelli dimulai dari klub pertama dia memulai karir sebagai pemain, Bari. Di Bari Maestrelli menjadi Asisten Pelatih, Pietro Magni. Setelah Magni hengkang dari Bari tahun 1963 barulah Maestrelli dipercaya sebagai Pelatih Kepala AS Bari.
Prestasi Maestrelli terlihat ketika dia membawa Reggina promosi ke Serie B tahun 1965 dan promosi ke Seria A ditahun berikutnya. Dengan prestasi itu, Maestralli mendapat penghargaan dari Presiden Klub Reggina saat itu, Oreste Granillo.
Setelah dua tahun di Reggina. Maestrelli pindah ke Foggia prestasi yang buruk yaitu membawa Foogia terdegradasi ke Serie B. Maestrelli kemudian direkrut oleh Lazio di tahun 1971, disini lah justru nama Maestrelli melambung. Dia berhasil membuat sejarah klub dengan meraih scudetto pertama di musim 1973-1974.
Kala itu Lazio diisi oleh pemain-pemain muda seperti Giorgio Chinaglia, Luciano Re Cecconi, D’Amico atau kapten tim Giuseppe ‘Pino’ Wilson. Dengan skuad yang komplit, Lazio berhasil ia bawa juara Serie A pertama kalinya.
Prestasi ini membuat Presiden Lazio saat itu, Umberto Lenzini bangga dengan Maestrelli yang uniknya pernah menjadi bagian dari AS Roma, rival abadi Lazio, saat menjadi pemain.
Sayang Maestrelli tidak dapat mempersembahkan scudetto kedua untuk Lazio. Tahun 1976, Meastrelli jatuh sakit dan meninggal pada tanggl 2 Desember 1976 saat masih menjabat pelatih Lazio.
Penghargaan setinggi-tingginya untuk Maestrelli diberikan oleh Lazio, bahkan para fans Lazio sampai detik ini masih mengabadikan nama Maestralli dengan menjadikan ‘Mestrelli’ legenda mereka. Tidak perduli dulu Mestrelli pernah berseragam Roma, sebab di akhir hayatnya, Maestrelli telah menorehkan sejarah penting bagi klub Lazio.
LihatTutupKomentar