TRAGEDI TIMNAS ZAMBIA 1993


Tanggal ini akan selalu diingat oleh publik sepak bola Zambia. Dikenang sebagai bagian terkelam dalam sejarah persepakbolaan Negara di selatan Afrika itu.

Selasa, 27 April 1993. Sebanyak 18 pemain timnas Zambia beserta pelatih Godfrey Chitalu dan asistennya Alex Chola berangkat menuju Dakar guna melakoni laga Pra-Piala Dunia 1994 meladeni tuan rumah Senegal. Mereka berangkat dari Lusaka pada selasa malam menggunakan pesawat militer dengan nomor penerbangan AF-319.


Menuju Senegal, pesawat  itu dijadwalkan melakukan dua kali pengisian bensin. Di Kongo, kerusakan mesin sebetulnya sudah bisa terdeteksi. Tapi, pesawat tetap dipaksakan terbang. Usai pengisian kedua di Libreville, Gabon, satu mesin pesawat terbakar. Pilot yang kelelahan lantaran baru pada Selasa pagi pulang dari Mauritius, tak kuasa mengendalikan pesawat. Gagal lepas landas, pesawat langsung menghantamkan laut dan menewaskan 30 orang penumpangnya.

Untuk mengenang kejadian ini, pemerintah Zambia mendirikan monumen di Lusaka dengan berisikan nama-nama korban tragedi tersebut.
LihatTutupKomentar