7 Hal Tentang Indonesia Yang Jarang di Ketahui Orang

Di umurnya yang telah tiba 67 tahun, banyak perihal yang di lalui serta jadi catatan sejarah untuk negeri tercinta kita, Indonesia. Selaku negeri berpenduduk paling banyak di dunia, Indonesia mempunyai bermacam- macam kenyataan serta kejadian yang tidak sering di tahu oleh orang. Serta buat menyongsong hari jadinya yang jatuh tiap bertepatan pada 17 Agustus, berikut merupakan 7 perihal tentang Indonesia yang tidak sering di tahu orang.

1.

Yang awal merupakan Wage Rudolf Soepratman ataupun biasa di pendek dengan W. R. Supratman. Laki- laki yang lahir dengan nama asli Soepratman ini pindah ke kota Makassar menjajaki kakaknya sehabis ibundanya wafat. Serta dia juga menuntaskan sekolahnya sampai berakhir. Tetapi sebab buat keperluan adminstrasi, nama Soepratman juga berganti jadi Wage Rudolf Soepratman. Serta disitulah dia mulai belajar musik. Disinilah cikal bakal lagu kebangsaan mulai di mengadakan. W. R. Soepratman mendapatkan pelajaran musik dari kakak iparnya W. Meter. Van Eldik. Sesuatu hari membaca suatu majalah dimana isi majalah tersebut mengajak para pakar musik Indonesia buat menghasilkan lagu kebangsaan. Rasa mempunyai jiwa nasionalis yang besar ditambah kemahirannya bermain musik, hingga pada tahun 1924 lahirnya lagu Indonesia Raya. Serta lagu itu awal kali diperdengarkan buat universal pada penutupan kongres Sumpah Pemuda bertepatan pada 28 Oktober 1928 dengan tanpa lirik. Akibat lagu ciptaannya, Indonesia Raya, membuat laki- laki bercermin mata ini senantiasa di buru oleh Hindia Belanda, sampai dia juga jatuh sakit di Surabaya. Tetapi sayangnya, belumlah dia mendengar lagu ciptaannya berkumandang pada pada proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945, si komponis telah wafat dunia pada bertepatan pada serta bulan yang sama namun pada tahun 1938, pas 7 tahun saat sebelum proklamasi kemerdekaan RI. Serta saat ini, hari lahir Soepratman bertepatan pada 9 Maret diperingati selaku hari musik nasional.

2.

Dikala ini Indonesia telah merasakan di pimpin oleh 6 presiden, mulai dari presiden yang awal Ir. Soekarno sampai yang saat ini masih berprofesi presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tetapi nyatanya dari keenam presiden yang sudah mengetuai Indonesia, 3 antara lain mempunyai bulan lahir yang sama. Diawali dari presiden awal RI, Ir. Soekarno yang lahir pada bertepatan pada 6 Juni tahun 1901 serta meninggal pada bertepatan pada 21 Juni 1970. Ir. Soekarno berperanan berarti dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda, dia selaku penyebab konsep dasar negeri Indonesia, ialah Pancasila. Yang kedua merupakan Soeharto yang lahir pada 8 Juni 1921 serta meninggal pada bertepatan pada 21 Mei 2008. Sepanjang masa jabatannya, dia diketahui dengan istilah ayah pembangunan serta di dunia internasional dia memiliki istilah terkenal, ialah“ The Smiling General” ataupun si Jenderal yang tersenyum. Istilah ini di bagikan sebab raut wajahnya yang senantiasa tersenyum di muka pers serta dalam tiap kegiatan formal kerajaan. Serta yang ketiga merupakan Baharuddin Jusuf Habibie ataupun yang kita tahu dengan B. J. Habibie yang lahir pada bertepatan pada 25 Juni 1936. Saat sebelum jadi presiden, dia sempat berprofesi selaku Menteri Negeri Studi serta Teknologi dari tahun 1978 sampai 1998. Tetapi pada bertepatan pada 21 Mei 1998, dia mengambil alih Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. Masa

jabatan B. J. Habibie selaku presiden cuma 1 tahun 5 bulan serta dikala jadi wapres cuma berprofesi sepanjang 2 bulan 7 hari. Serta B. J. Habibie ialah wakil presiden serta presiden dengan masa jabatan terpendek.

3.

Negeri tercinta kita Indonesia ialah negeri berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Walaupun secara formal tidaklah negeri islam serta pasti saja dengan ibukota negaranya merupakan Jakarta. Namun kenyataannya, Jakarta tidaklah salah satunya kota yang sempat merasakan jadi ibukota. Sebab nyatanya Indonesia sempat berubah ibukota sepanjang 4 kali dalam kurun waktu yang relatif pendek. Ialah, Jakarta tahun 1945 hingga 1946, Jogjakarta 1946 hingga tahun 1948, Bukittinggi 1948 hingga 1949, serta kembali lagi ke Jakarta pada tahun 1950 sampai saat ini. Pergantian ibukota sebanyak 4 kali ini nyatanya belum sempat dicoba oleh negeri manapun, Serta Indonesia merupakan salah satunya negeri yang melaksanakannya.

4.

Indonesia merupakan negeri yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang di lintasi oleh garis Khatulistiwa serta terletak di antara 2 daratan Asia serta Australia dan antara samudera Pasifik serta Hindia, serta ialah negeri dengan kepulauan terbanyak di dunia, Sebab disinilah 3 dari 6 pulau terbanyak di dunia terletak ialah pulau Kalimantan, Sumatera, serta Papua.

Walaupun mempunyai 3 pulau terbanyak, tetapi nyaris 60% penduduknya tinggal di pulau Jawa yang cuma mempunyai luas 7% dari segala daerah Indonesia. Tidak hanya itu uniknya lagi, terdapat 4 pulau yang kedaulatannya dipahami bersama- sama dengan pemerintah negeri orang sebelah. Semacam pulau Kalimantan, yang secara adminstratif dipahami 3 pemerintahan, ialah Indonesia, Malaysia, serta Brunei Darussalam. Pulau Papua dipahami oleh Indonesia serta Papua Nugini, Pulau Timor dipahami oleh Indonesia serta Timor Leste, serta yang terakhir pulau Sebatik dipahami oleh Indonesia serta Malaysia.

5.

Semacam yang kita tahu, Soekarno serta Hatta merupakan 2 proklamator Indonesia yang berjasa memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Namun sayangnya, Jakarta selaku kota tempat dibacanya naskah proklamasi, tidak sempat mengabadikan nama kedua proklamator tersebut selaku nama jalur. Sebaliknya di sebagian kota di Indonesia, nama jalur Soekarno Hatta terdapat serta di abadikan. Apalagi nama keduanya tidak sempat di abadikan buat suatu objek bangunan sarana apapun. Sampai kesimpulannya pada tahun 1985, nama kedua proklamator tersebut baru di abadikan jadi nama lapangan terbang, ialah lapangan terbang Soekarno- Hatta, sehabis 40 tahun Indonesia merdeka. Namun yang sangat disayangkan merupakan pemerintah baru secara formal menyematkan gelar proklamator kepada keduanya pada tahun 1986 ataupun 16 tahun sehabis Soekarno meninggal.

6.

Selaku negeri yang mempunyai kepulauan terbanyak di dunia, nyatanya Indonesia pula ialah negeri yang mempunyai suku bangsa paling banyak di dunia. Bayangkan saja, negeri tercinta kita ini mempunyai lebih dari 740 suku bangsa sekalian jadi negeri yang mempunyai bahasa wilayah paling banyak, ialah 583 bahasa serta dialek. Sebab seperti itu banyaknya suku di Republik ini hingga dicanangkanlah“ Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki makna“ Berbeda- beda Namun Senantiasa Satu Jua”. Tidak hanya mempunyai suku serta bahasa paling banyak di dunia, Indonesia nyatanya merupakan negeri yang sangat populer dengan keramahannya. Apalagi bersumber pada survei“ The Smiling Report” tahun 2009, Indonesia dinobatkan selaku negeri sangat murah senyum di dunia serta bertepatan negeri Hongkong, Indonesia pula dinobatkan selaku negeri terbaik dalam mengucapkan salam.

7.

Tidak hanya bulutangkis, sepakbola merupakan salah satu berolahraga kesukaan yang digemari warga Indonesia. Walaupun jadi salah satu berolahraga kesukaan, tetapi sampai saat ini, Indonesia belum sempat sekalipun menang piala dunia. Regu nasional Indonesia sempat sekali tampak di piala dunia pada tahun 1938 sebab Jepang mengundurkan diri dalam kualifikasi serta pada dikala itu Indonesia jadi negeri Asia awal yang turut piala dunia. Serta di ajang tersebut Indonesia telah takluk oleh Hongaria di babak awal dengan skor 6- 0. Walaupun Indonesia sempat tampak di ajang terbanyak sepakbola dunia, tetapi keikutsertaannya regu nasional ini bukan bawa nama Indonesia melainkan mewakili Hinda Belanda lengkap dengan warna bendera Belanda, ialah merah, putih, serta biru. 
LihatTutupKomentar