SEJARAH SEPAKBOLA WANITA


Sepak bola wanita sudah mulai memperjuangkan keberadaannya sejak 1917. Saat itu di Inggris, terbentuk sebuah tim sepak bola wanita yang dinamai The Dick, Kerr's Ladies. Pada 24 September 1922, dalam turnya ke Amerika Utara, mereka dikalahkan 3-6 oleh Paterson FC.
Namun, kekalahan itu bukanlah noda buat mereka. Sebab, saat itu lawan yang dihadapi merupakan tim yang terdiri dari para pria.
The Ladies sendiri merupakan para wanita pekerja dari sebuah prabik amunisi, Dick, Kerr & Co., yang berlokasi di preston, Lancashire. Mereka membentuk sebuah tim dan terus berkembang.
Sayang, FA Inggris saat itu justru melihat para wanita itu sebagai ancaman terhadap pertandingan tim laki-laki. Alhasil, pada 1921 mereka pun mendapat larangan tak boleh bermain di lapangan yang digunakan untuk liga pria.
Hal ini sama sekali tak menyurutkan semangat para wanita itu. Atas dasar kecintaannya terhadap sepak bola, mereka terus bermain di lapangan non-liga. Sampai pada akhirnya, pada 1922 The Dick, Kerr's Ladies diundang untuk menjalani tur lintas benua.


Tur itu dijadwalkan dimulai di Kanada Tapi, saat tiba pada 22 September, mereka justru diberitahu tak lagi diinginkan di Kanada. Lalu, mereka pun melintas ke Amerika Serikat dan melanjutkan perjalanan ke New Jersey. Di sana, mereka harus menghadapi Paterson FC pada 24 September.
Paterson FC sendiri adalah klub sepak bola pria. Klub itu telah memenangi gelar National Association Football League pada 1917. Tentu bisa dibayangkan, bagaimana tim hebat pria itu bakal dengan mudahnya mengatasi tim yang berisikan perempuan.
Akan tetapi, toh segalanya tak berjalan mudah bagi Paterson. Pada laga pembuka itu, Paterson memang menang dengan skor 6-3. Tapi, tiga gol milik The Ladies merupakan bukti kalau mereka juga lihai mengolah si kulit bundar.
Lagipula, kekalahan itu cuma satu dari dua kekalahan yang diderita The Dick, Kerr's Ladies dalam delapan laga yang mereka lakoni di Amerika Serikat, semuanya melawan tim-tim pria yang saat itu terbilang memiliki kualitas mumpuni. Lawan-lawan The Ladies adalah sejumlah tim sepak bola pria yang saat itu amat disegani.


The Ladies juga kalah dari New York Centro-Hispano. Kendati demikian, mereka menang atas The New Bedford Whalers, The New York FC, The Baltimore Soccer Club, dan imbang dengan J&P Coats, Washington Stars, serta The Fall River Marksmen.
Bahkan, diceritakan This Day in Football History , setelah laga melawan Fall River Marksmen, sebuah surat kabar lokal di Amerika menuliskan, "Skor tak menggambarkan bagaimana para wanita asal Inggris itu bisa dengan begitu baik bermain bagi pertandingan nasional di negaranya. Tak ada fans yang menyaksikan laga itu bisa menuturkan dengan jelas bagaimana ahlinya para turis wanita untuk menjadi lawan dari tim pria terbaik di negara ini."
LihatTutupKomentar