KEKALAHAN TERBESAR BRAZIL


Pada 18 September 1920, Uruguay berhasil mengalahkan Brasil 6-0 pada ajang South American Championship (sekarang dikenal dengan nama Copa America). Skor ini menjadi kekalahan terburuk Brasil sepanjang masa.
Margin gol ini memang mengejutkan. Kendati demikian, kedua tim memang memiliki sejarah di turnamen tersebut. Uruguay memenangi dua kompetisi pertama yang digelar 1916 dan 1917. Sementara, Brasil berhasil mengklaim gelar dalam ketiga kalinya penyelenggaraan turnamen tersebut (1919). Uniknya, gelar tersebut mereka sabet setelah mengalahkan Uruguay lewat play-off sebanyak empat periode ekstra.

Pada edisi 1920 yang digelar di Cile, Brasil sebenarnya menang 1-0 atas Cile dan Uruguay hanya bermain imbang 1-1 pada laga pertama sebelum saling menghadapi pada 18 September 1920. Dengan tekad untuk merebut kembali gelar ini, Uruguay langsung tancap gas sejak awal. Tak tanggung-tanggung, mencetak tiga gol dalam rentang sekitar enam menit!
Gol pertama dicetak oleh Angel Romano pada menit ke-23. Disusul, gol lewat titik putih pada menit ke-26 oleh Antonio Urdinaran dan gol dari Jose Perez pada menit ke-29. Babak pertama pun berakhir 3-0 bagi Uruguay.
Babak kedua tak membaik buat Tim Samba. Pasalnya, Uruguay berhasil mencetak tiga gol tambahan. Gol keempat dicetak Antonio Campolo (48'), sedangkan Romano dan Perez membubuhkan gol keduanya masing-masing pada menit ke-60 dan ke-65.
Turnamen ini rupanya memang tak berpihak kepada Brasil. Pasalnya, mereka kembali kalah pada laga terkahir melawan Argentina, kali ini dengan skor 0-2. Sementara, Uruguay memastikan tampil sebagai juara usai mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 2-1 pada laga terakhir.

Angel Romano

Pemain Uruguay, Angel Romano menjadi top skorer pada turnamen tahun itu, bersama dengan rekan setimnya, Jose Perez, yang juga mencetak tiga gol. Prestasi Romano ini mengulang catatan serupa pada 1917. Saat itu, Romano mencetak empat gol untuk memastikan diri menjadi top skorer.
LihatTutupKomentar